Muhamad Rizki Arya, 195030093 (2024) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.pdf Download (273kB) |
|
Text
Pengesahan Skripsi.pdf Download (171kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (278kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (231kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (412kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis teks negosiasi menggunakan komik digital sebagai media pembelajaran di Kelas X SMA Pasundan 1 Bandung; (2) bagaimana pembelajaran menganalisis teks negosiasi di Kelas X SMA Pasundan 1 Bandung sebelum menggunakan komik digital sebagai media pembelajaran; (3) bagaimana pembelajaran menganalisis teks negosiasi di Kelas X SMA Pasundan 1 Bandung setelah menggunakan komik digital sebagai media pembelajaran; (4) perbedaan kemampuan menulis teks negosiasi peserta didik di Kelas X SMA Pasundan 1 Bandung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan komik digital sebagai media pembelajaran. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan, yaitu metode eksperimen murni dengan desain pretest-posttest control group design. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis teks negosiasi menggunakan komik digital sebagai media pembelajaran di kelas X SMA Pasundan 1 Bandung dengan memperoleh nilai 3,9 dalam perencanaan dan 3,9 dalam pelaksanaan dengan kategori sangat baik; (2) nilai peserta didik kelas eksperimen belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan sebelum diterapkan komik digital sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai rata-rata maupun rekapitulasi nilai bahwa rata-rata hasil pretest kelas eksperimen sebesar 20; (3) nilai peserta didik kelas eksperimen sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan setelah diterapkan komik digital sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai rata-rata maupun rekapitulasi nilai bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 77; (4) kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol setelah mendapatkan perlakuan. Hal tersebut dapat dibuktikan dari rekapitulasi pretest dan posttest serta dilihat dari hasil pengujian independent sample t-test nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0.001 < 0.05. Hasil ini menunjukan pembelajaran menganalisis isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks negosiasi dengan media komik digital berhasil. Kata kunci: pembelajaran Bahasa Indonesia, menganalisis, teks negosiasi, komik digital, media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 02:25 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 02:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68723 |
Actions (login required)
View Item |