MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

YUYUN SRI WAHYUNI, 115060019 (2016) MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (24kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
MOTTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Problem Based Larning dalam pembelajaran IPA pada materi bagian-bagian struktur tumbuhan beserta fungsinyadi Kelas IV SDN Batumarta V kecamatan madang suku III kabupaten OKU TIMUR. Jenis penelitian ini adalah Peenelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi. Penelitian ini bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IV sebagai Observer. PTK ini terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Keberhasilan proses yaitu jika perencanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran , kemampuan berpikir kritis, 85%. Sedangkan keberhasilan hasil yaitu jika ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai presentase sebesar 100%. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkat kemmpuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, penilaian RPP siklus 1 91 %, siklus II sebesar 100 %, sedangkan pelaksanaan pembelajaran siklus I 95%, siklus 2 100%. Nilai PBKB siklus I48% siklus II 100%, kemampuan berpikir kritis siklus I 60% siklus II 100%. Nilai pos-tes atau hasil belajar siswa siklus I 72 % dan siklus II 88%.berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA mataeri hubungan struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 1 Batumarta 5 Kecamatan Madanga Suku III Kabupaten Oku Timur. Kata kunci : Model Problem Based Learning, berpikir kritis, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jul 2016 17:56
Last Modified: 28 Jul 2016 17:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6870

Actions (login required)

View Item View Item