PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

NURI AZIZZAH, 115060083 (2016) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (66kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRACK inggris.docx

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
BAB I awal.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II awal.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (194kB)
[img] Text
BAB III awal.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV awal.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
BAB IV baru.docx
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB V awal.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP n terimaksih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa, dikarenakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan pendekatan tradisional dan siswa kurang dilibatkan secara aktif, sehingga membuat pembelajaran IPA menjadi monoton dan membosankan. Penelitian ini ditunjukan pada penggunaan model Student Team Achievement Division (STAD) yang bisa digunakan untuk memotivasi dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA terutama pada materi daur air diharapkan dapat meningkat secara signifikan. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA terutama tentang daur air. Manfaat penelitian ini adalah agar dapat menambah keilmuan dan diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, penulis dan lembaga. Terkait penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, subyek penelitian siswa kelas V SDN Linggar I yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukan peningkatan secara signifikan mulai dari siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 55,5% dan hasil belajar siswa mencapai 54,5%. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa mencapai 92,5% dan hasil belajar siswa mencapai 87,8%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Student Team Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Dengan demikian, penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA. Kata kunci: Model Student Team Achievement Division (STAD), Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jul 2016 17:29
Last Modified: 28 Jul 2016 17:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6868

Actions (login required)

View Item View Item