WANPRESTASI DALAM JUAL BELI MESIN TEXTILE ANTARA PT. AGANSA PRIMATAMA DENGAN PT. MUNGGARAN TEXINDO DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUHPERDATA

Arland Subekti, 181000547 (2024) WANPRESTASI DALAM JUAL BELI MESIN TEXTILE ANTARA PT. AGANSA PRIMATAMA DENGAN PT. MUNGGARAN TEXINDO DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUHPERDATA. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A.COVER.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F.BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G.BAB II.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
H.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
I.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
J.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Istilah wanpretasi dalam hukum perikatan merupakan cidera janji, pembicaraan tentang wanprestasi, baik dalam doktrin maupun yurisprudensi biasanya dikaitkan dengan pernyataan lalai dari pihak debitur, dimana debitur telah tidak memenuhi kewajiban pretasi perikatannya dengan baik, dan debitur punya unsur salah atasnya. Harus diakui bahwa ingkar janji atau cidera janji, sudah punya itikad baik pada orang yang tidak memenuhi janjinya tersebut. Pemaknaan wanprestasi dalam hukum perdata yaitu berhubungan dengan terjadinya wanpretasi antara penjual dan pembeli dalam suatu perjanjian jual beliyang diawali dengan terlambatnya atau tidak dibayarkannya uang muka pembelian suatu barang. Adanya wanprestasi tidak terlepas dari adanya perjanjian jual beli yang dibuat oleh kedua belah pihak, yang dimana oleh kedua belah pihak tersebut tidak dijalankannya perjanjian tersebut sebagaimana mestinya. Awal dari perlanggaran sebuah perjanjian atau wanprestasi karena seorang debitur tidak melaksanakan pretasinya sebagaimana terlah dijanjikan sehingga membuat kreditur merasa diirugikan, maka konsep wanpretasi dalam BW haruslah diukur melalui prestasi yang diberikan, dalam peraturan tersebut, lalu dari situ dapat dikatakan wanprestasi, perbandingan konsep inilah yang menjadi pembahasan di dalam skripsi ini. Kata Kunci : Wanprestasi, Perjanjian Jual-Beli.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:36
Last Modified: 02 Apr 2024 02:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68635

Actions (login required)

View Item View Item