PENGARUH KOMPETENSI APARATUR DESA DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (Survei Pada Desa Sekecamatan Kabupaten Bandung Barat)

Sendi Nurdiansyah, 194020104 and Dr. Elvira Zeyn, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2024) PENGARUH KOMPETENSI APARATUR DESA DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (Survei Pada Desa Sekecamatan Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrack.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Kompetensi Aparatur Desa dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 responden dengan sumber data yang diperoleh melalui hasil penyebaran kuesioner pada 30 Kantor Desa Sekecamtan Kabupaten Bandung Barat. Teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan Teknik Sampling Jenuh (Sensus). Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, korelasi berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial dan uji simultan serta analisis koefisien determinasi dengan bantuan menggunakan software SPSS IBM Statistics 26. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial Kompetensi Aparatur Desa berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa,sedangkan Sistem Pengendalian Internal Pemeintah berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Dimana besarnya pengaruh kompetensi aparatur desa 23,3% dan sistem pengendalian intenal pemerintah 7,55% terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa .Secara simultan kompetensi aparatur desa dan sistem pengendalian intenal pemerintah terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa 30,8%. Sedangkan sisanya 69,3% merupakan pengaruh faktor diluar kedua variabel independen yang sedang diteliti, seperti partisipasi Masyarakat (suci atingsih dkk 2019, IGede Putra Adnyana Julianto & Dewi, 2019), pemanfaatan teknologi informasi(Galuh Maharani2021), komitemn organisasi(Zulkifli dkk 2021), sistem keuangan desa(Julianto & Dewi, 2019), komitmen pemerintah desa (Julianto & Dewi, 2019), dan keberhasilan pengelolaan dana desa( Julianto & Dewi, 2019) Kata kunci: Kompetensi Aparatur Desa, Sistem Pengendalian Intenal Pemerintah,Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 01 Apr 2024 08:56
Last Modified: 01 Apr 2024 08:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68630

Actions (login required)

View Item View Item