PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA

IIT SRI LATIFAH, 115060227 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.docx

Download (40kB)
[img] Text
lembar pengesahan skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
motto dan persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
surat pernyataan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
abstrak b.inggris.docx

Download (14kB)
[img] Text
kata pengantar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
ucapan terimakasih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
ucapan terima kasih 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I (2).docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II (1).docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB II (2).docx

Download (207kB)
[img] Text
BAB III (1).docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
BAB III (2).docx
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV (1).docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
BAB IV lanjutan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
BAB V lanjutan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA jd.docx

Download (15kB)
[img] Text
daftar pustaka 2...docx

Download (23kB)
[img] Text
daftar riwayat HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas VI D SDN Cigondewah I Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung pada materi ciri khusus beberapa jenis hewan dengan menerapkan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti bekerja sama dengan guru kelas VI D selaku observer. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai guru kelas yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas VI D dan wali kelas berperan sebagai observer. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan pembelajaran. Kriteria keberhasilan ini terbagi dalam dua jenis, yakni keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Keberhasilan proses yaitu jika pelaksanaan pembelajaran mencapai presentase 85%. Sedangkan keberhasilan hasil jika 85% dari jumlah siswa keseluruhan memiliki sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran IPA materi ciri khusus beberapa jenis hewan dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas VI D SDN Cigondewah I Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Keberhasilan tersebut ditunjukkan oleh Peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dalam dua siklus adalah sebagai berikut: sikap percaya diri siswa pada siklus I sebesar 46% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 89%. Dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Discovery Learning siklus II sebesar 93% dari siklus I hanya mencapai 64% dari 28 siswa yang tuntas. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa pada pembelajaran IPA materi ciri khusus beberapa jenis hewan di kelas VI D SDN Cigondewah I Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Kata kunci : Discovery Learning, Percaya Diri, Materi Ciri Khusus Beberapa jenis hewan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jul 2016 15:51
Last Modified: 28 Jul 2016 15:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6863

Actions (login required)

View Item View Item