PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMASARAN ROEMAH HELENA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @roemahhelena)

Abrar, Raden Irfan Zainal (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMASARAN ROEMAH HELENA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @roemahhelena). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER Skripsi Raden Irfan Zainal Abrar 192050474.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi Raden Irfan Zainal Abrar 192050474.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN Skripsi Raden Irfan Zainal Abrar 192050474.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR Skripsi Raden Irfan Zainal Abrar 192050474.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR Skripsi Raden Irfan Zainal Abrar 192050474.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Skripsi Raden Irfan Zainal Abrar 192050474.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 Skripsi Raden Irfan Zainal Abrar 192050474.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi Raden Irfan Zainal Abrar 192050474.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Roemah Helena” (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @roemahhelena). Penelitian ini menjelaskan tentang pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media pemasaran melalui akun Instagram @roemahhelena yang merupakan usaha di bidang kuliner. Roemah Helena memanfaatkan media sosial Instagramnya untuk membagikan informasi dan memasarkan produknya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Computer Mediated Communication (CMC) dan model AISAS yang terdiri dari lima tahapan, perhatian (Attention), minat (Interest), pencarian (Search), Aksi (Action), berbagi (Share). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan kunci pada penelitian ini adalah owner sekaligus pengelola media sosial Instagram @roemahhelena. Informan inti ada enam orang konsumen dan pengikut dari akun Instagram @roemahhelena. Dan satu orang informan akademisi yang merupakan dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari lima tahapan model AISAS yaitu (attention) yang menjelaskan bahwa Roemah Helena menggunakan berbagai macam taktik dengan cara memposting konten berupa foto maupun video pada media sosial Instagramnya, konten tersebut dibuat bertujuan untuk mengambil perhatian konsumen. Tahapan kedua yaitu (interest) menjelakan bahwa Roemah Helena memanfaatkan taktik untuk menarik minat dengan melalui menu sepesial weekend dan konten video seperti mengabadikan momen-momen konsumen yang berkunjung dengan menambahkan alunan lagu tempo dulu. Selanjutnya pada tahap ketiga yaitu (search) konsumen melakukan pencarian informasi melalui media sosial Instagram Roemah Helena dengan melihat insta-stories dan melalui direct message (DM) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Tahap keempat (action) yang dilakukan Roemah Helena dalam membuat kepuasan terhadap konsumen dengan memastikan produk mereka memiliki kualitas rasa yang konsisten, menjaga kebersihan agar konsumen yang berkunjung merasa nyaman, dan owner Roemah Helena berinteraksi secara langsung kepada konsumen untuk menanyakan kepuasan mereka. Selanjutnya tahap terakhir yaitu (share) konsumen berbagi pengalaman atau informasi mengenai Roemah Helena kepada orang terdekatnya maupun orang lain melalui media sosial Instagram pribadinya. Kata Kunci: Media Sosial Instagram, CMC, Model AISAS, Roemah Helena

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:33
Last Modified: 28 Mar 2024 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68551

Actions (login required)

View Item View Item