Azzahra, Bunga Siti Fatimah (2024) ANALISIS INOVASI PRODUK KULINER DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS PADA WARUNG UBI IBU). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
Warung Ubi Ibu adalah salah satu kuliner di kota Bandung, berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan terdapat masalah bahwa peneliti menemukan permasalahan bahwa Warung Ubi Ibu terkait ketersediaan bahan baku yang segar dan berkualitas tinggi, terutama sayur-sayuran yang menjadi komponen penting dalam hidangan mereka. Kemudian, Warung Ubi Ibu menghadapi tantangan dalam menciptakan variasi menu yang menarik dan terus mengembangkan inovasi untuk mempertahankan minat konsumen dan menarik pelanggan baru. Dan juga Warung Ubi Ibu belum memiliki kemasan produk yang menjadi ciri khas dari Warung Ubi Ibu dan belum adanya kemasan produk untuk take away karena di Warung Ubi Ibu lebih memfokuskan untuk Dine in. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui gambaran umum pada objek Warung Ubi Ibu 2) Mengetahui analisis inovasi produk pada Warung Ubi Ibu 3) Mengetahui hambatan dan upaya untuk meminimalisir hambatan dalam menjalankan bisnis Warung Ubi Ibu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui 1) Observasi Non Partisipan 2) Wawancara kepada lima Informan. Dan data sekunder didapatkan melalui 1) Dokumentasi 2) Studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa Warung Ubi Ibu memiliki keunikan menu utama dan variasi kue yang disajikan telah menjadi daya tarik utama bagi pelanggan. Konsep menjelajahi berbagai rasa dalam hidangan yang diusung oleh pemilik Warung Ubi Ibu juga memberikan nilai tambah yang signifikan. Meskipun demikian, ada potensi yang besar untuk meningkatkan desain produk secara keseluruhan guna menciptakan identitas yang lebih kuat bagi Warung Ubi Ibu. Hal ini penting karena desain produk merupakan bagian integral dari strategi pemasaran yang dapat meningkatkan daya tarik dan citra bisnis. Pemilik Warung Ubi Ibu menyadari pentingnya desain produk namun terkendala dengan keterbatasan biaya. Meskipun demikian, langkah-langkah strategis perlu dipertimbangkan agar desain produk dapat ditingkatkan tanpa mengorbankan keberlanjutan keuangan bisnis. Selain itu, Warung Ubi Ibu juga menghadapi beberapa hambatan operasional seperti ketersediaan bahan baku yang berkualitas, pengembangan pengetahuan manajemen dan keuangan, serta pengembangan kemasan produk yang mencerminkan identitas bisnisnya. Saran dari peneliti kepada Warung Ubi Ibu sebaiknya Warung Ubi Ibu meningkatkan kerja sama dengan pemasok sayur-sayuran segar, mengembangkan pengetahuan dalam manajemen keuangan dan operasional, serta memperhatikan kemasan produk untuk menciptakan identitas unik dan menarik pelanggan. Dengan langkah-langkah ini, Warung Ubi Ibu dapat meningkatkan kualitas produk, efisiensi operasional, dan daya tarik bisnis mereka secara keseluruhan. Kata Kunci : Inovasi produk Kuliner
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 04:06 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 04:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68542 |
Actions (login required)
View Item |