Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Rawat Inap Pasien dalam Meningkatkan Angka Kunjungan (Studi pada RSUD Brebes) Strategy to Increase the Service Quality in Hospitalization In Order to Increase Patient Visits (Study at Brebes Regional General Hospital)

Eka Suprana, Yossie Guventri (2024) Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Rawat Inap Pasien dalam Meningkatkan Angka Kunjungan (Studi pada RSUD Brebes) Strategy to Increase the Service Quality in Hospitalization In Order to Increase Patient Visits (Study at Brebes Regional General Hospital). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
artikel mmrs yossie.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa, mengkaji, dan mengetahui rancangan strategi peningkatan mutu pelayanan rawat inap pasien dalam meningkatkan angka kunjungan di RSUD Brebes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder serta wawancara menggunakan kuisioner disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan. Teknik analisa menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) yang akan dilanjutkan dengan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSUD Brebes memiliki kekuatan yang besar untuk dapat mencapai peluang yang ada dengan strategi SO. Strategi pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan pasien dibuat dengan menggabungkan tahapan strategi STP dengan bauran pemasaran (marketing mix). Strategi pemasaran RSUD Brebes adalah meningkatkan kerjasama dengan berbagai fasilitas kesehatan, melakukan sosialisasi, mengadakan berbagai layanan, membuat perencanaan keuangan BLUD, mengadakan pelatihan SDM, meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatan, serta melakukan penghitungan beban kerja perawat. Kata kunci: rancangan strategi, strategi pemasaran, kunjungan pasien, rawat inap.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:49
Last Modified: 28 Mar 2024 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68505

Actions (login required)

View Item View Item