Ramadhani, Desfitra (2024) STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA KAYBUN DIMSUM KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (603kB) | Preview |
Abstract
Kaybun dimsum adalah salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner khususnya dimsum yang berbahan dasar udang dan ayam yang telah berdiri dari tahun 2018. Pemasaran digital penting dalam era Revolusi Industri 4.0 untuk mengatasi persaingan bisnis. Dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia, penggunaan media sosial seperti Instagram menjadi populer untuk promosi produk. Namun, UMKM seperti Kaybun Dimsum perlu strategi pemasaran digital yang terarah untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum, strategi pemasaran digital, dan hambatan dan upaya mengatasi strategi pemasaran digital Kaybun Dimsum Kota Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer melalui observasi dan wawancara, serta data sekunder melalui studi kepustakaan sebagai sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kaybun Dimsum didirikan pada Maret 2018 di Jl. Cibaduyut No. 126, Kota Bandung. Usaha ini menawarkan berbagai jenis dimsum berkualitas tinggi dengan beragam varian. (2) Strategi pemasaran digital yang diterapkan terbagi menjadi customer acquisition yang meningkatkan iklan di platform online untuk menarik konsumen baru dan customer retention yang melibatkan pengembangan produk baru berdasarkan umpan balik di sosial media. (3) Hambatan yang dihadapi meliputi biaya yang besar untuk iklan Instagram, pengumpulan data manual yang memakan waktu, dan kekurangan sumber daya manusia dalam bidang copywriting dan manajemen pemasaran digital. Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu merekrut tenaga kerja ahli dalam pemasaran digital dan copywriting, serta menghasilkan konten menarik di Instagram untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Oleh karena itu, disarankan untuk meningkatkan interaksi aktif di Instagram dan menganalisis data transaksi dalam jangka pendek. Sementara dalam jangka panjang, direkomendasikan untuk merekrut ahli media sosial dan copywriting untuk meningkatkan kualitas konten serta menyederhanakan penggunaan media sosial untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik. (Kata kunci: Pemasaran digital, Strategi Pemasaran, Instagram, Kaybun Dimsum)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 02:37 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 02:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68489 |
Actions (login required)
View Item |