UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM WILAYAH INDONESIA

Dudi Rahman Taufik, 115060254 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM WILAYAH INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.docx

Download (43kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK .doc

Download (39kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR dan ucpan terima kasih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
bab II.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV&V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model example non example pada pembelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam wilayah Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Pamoyanan dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan minat belajar, sehingga masih banyak siswa yang memiliki nilai di bawah KKM karena guru hanya menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model example non example. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran example non example yang terdiri dari beberapa fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian hasil tes belajar. Pada penilaian hasil belajar siklus 1 rata-rata nilai mencapai 60,71 sedangkan penilaian hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 76,04. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model example non example dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam wilayah Indonesia di kelas V SDN Pamoyanan. Dengan demikian, penggunaan model example non example dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: Example non example, minat dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jul 2016 14:55
Last Modified: 28 Jul 2016 14:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6839

Actions (login required)

View Item View Item