PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (SurveI Pada Siswa Kelas XII IPS di SMA Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

FIRDASARI SHOFI, 195020057 (2024) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (SurveI Pada Siswa Kelas XII IPS di SMA Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHOFI YANG MAU DI PRINT BUAT SIDANG-1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHOFI YANG MAU DI PRINT BUAT SIDANG-2.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHOFI YANG MAU DI PRINT BUAT SIDANG-11-13.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHOFI YANG MAU DI PRINT BUAT SIDANG-20-30.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHOFI YANG MAU DI PRINT BUAT SIDANG-31-58.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI SHOFI YANG MAU DI PRINT BUAT SIDANG-59-116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
SKRIPSI SHOFI YANG MAU DI PRINT BUAT SIDANG-59-116..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
SKRIPSI SHOFI YANG MAU DI PRINT BUAT SIDANG-117-118.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHOFI YANG MAU DI PRINT BUAT SIDANG-119-121.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) bagaimana status sosial ekonomi orang tua, (ii) bagaimana minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (iii) seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data berupa angket dengan 84 sampel siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (i) status sosial ekonomi orang tua termasuk kedalam kategori sedang, hasilnya yakni dengan rata-rata skor 3,11 dengan persentase 62,2%: (ii) minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, hasilnya yakni dengan rata-rata skor 3,76 dengan persentase 75,2%: (iii) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yaitu sebesar 12,5% dengan kriteria penafsiran sangat rendah. Hipotesis pada penelitian ini terbukti bahwa “terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024”. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: i) bagi guru, diharapakan guru dapat meningkatkan dan mendorong siswa agar semangat saat melanjutkan studi, sehingga siswa dapat mengikuti program yang direncanakan pemerintah, sebagai solusi bagi siswa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi; ii) bagi peserta didik, diharapkan bagi para peserta didik memberikan masukan dan kesadaran untuk memiliki minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, iii) bagi sekolah, diharapkan memberikan informasi secara detail kepada siswa dan orang tua tentang program yang diberikan oleh pemerintah, iv) bagi penelitian selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi dan penunjang pustaka dalam melakukan penelitian terkai hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi, serta diharapkan untuk lebih banyak meggunakan sumber informasi terbaru terkait pembelajaran. Kata Kunci : Status sosial ekonomui orang tua, Minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:49
Last Modified: 21 Mar 2024 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68300

Actions (login required)

View Item View Item