RISTI FITRI DWI SAPTA, 105060250 (2016) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIMENYAN 1 PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.rtf Download (610kB) |
|
Text
lembar pengesahan.rtf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
|
Text
surat pernyataan.rtf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
abstrak.rtf Download (93kB) |
|
Text
abstract2.rtf Download (79kB) |
|
Text
ucapan terima kasih.rtf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
daftar isi.rtf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
BAB I k13.rtf Download (117kB) |
|
Text
BAB II k13.rtf Download (15MB) |
|
Text
BAB III k13.rtf Restricted to Repository staff only Download (764kB) |
|
Text
BAB IV k13.rtf Restricted to Repository staff only Download (45MB) |
|
Text
BAB V k13.rtf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
daftar pustaka.rtf Download (73kB) |
|
Text
riwayat hidup.rtf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan siswa kelas IV SDN Cimenyan 1 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung dalam memahami konsep pembelajaran tematik belum mencapai hasil belajar yang ingin dicapai. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pemahaman kepada siswa kelas IV SD Negeri Cimenyan 1 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung sehingga dengan mudah dan cepat mereka dapat mengerti tentang materi pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku, 2) mengetahui peningkatan motivasi siswa kelas IV SDN Cimenyan 1 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning, 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cimenyan 1 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian yang digunakan yaitu model spiral Hopkins yang terdiri dari tiga siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cimenyan 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes hasil belajar berupa soal, dan lembar skala sikap untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian. Sedangkan skala sikap berisikan pernyataan-pernyataan siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dilaksanakan dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman guru dalam pembelajaran, 2) kemampuan siswa dalam mendeskripsikan pembelajaran tematik pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SDN Cimenyan 1 setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan, 3) setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning pemahaman siswa dalam pembelajaran pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku mengalami peningkatan, 4) pemahaman konsep pada pembelajaran subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dapat tercapai sesuai KKM pada siklus III. Dari hasil penelitian pada siklus I hanya 4 dari 23 siswa yang tuntas dalam pembelajaran, siklus II hanya 12 dari 23 siswa yang tuntas, dan pada siklus III terdapat 20 siswa yang tuntas (87% dari jumlah siswa). Kata Kunci: hasil belajar siswa, motivasi belajar siswa, model Project Based Learning, subtema keberagaman budaya bangsaku.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 18:33 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 18:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6817 |
Actions (login required)
View Item |