PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS (STUDI KASUS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ANNA MEDIKA KOTA BEKASI)

Abdul Azis Usmana, Fikrilah (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS (STUDI KASUS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ANNA MEDIKA KOTA BEKASI). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL TESIS_Fikrilah_218020029.docx

Download (201kB)

Abstract

Kepuasan seorang pasien ialah salah satu indikator kunci keberhasilan suatu rumah sakit dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien kepada rumah sakit akan berpengaruh kepada loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, dan lingkungan fisik terhadap kepuasan pasien serta dampaknya pada loyalitas pasien rawat inap di Rumah Sakit Anna Medika Kota Bekasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi Rumah Sakit Anna Medika Kota Bekasi dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan khususnya di Unit Rawat Inap. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuesioner disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah responden 100 pasien. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2024. Teknik analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum persepsi pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Anna Medika Kota Bekasi tentang kualitas pelayanan, kepercayaan, dan lingkungan fisik terhadap kepuasan pasien serta dampak pada loyalitas relatif baik. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien serta dampaknya pada loyalitas pasien. Sedangkan, tidak ada nya pengaruh kepercayaan dan lingkungan fisik terhadap kepuasan pasien yang berdampak pada loyalitas pasien di RS Anna Medika Kota Bekasi. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, kepercayaan, lingkungan fisik, kepuasan pasien, loyalitas, SEM-PLS

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:06
Last Modified: 08 Mar 2024 08:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68157

Actions (login required)

View Item View Item