Jaya Setiadi, Leonardo and Juju, H. Undang and Setiawati, Tita (2024) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN PASIEN (STUDI KASUS PADA UNIT RAWAT JALAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BANDUNG KIWARI). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
218020104_Jurnal.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Jumlah retribusi pasien BPJS RSUD Kota Bandung Kiwari pada tahun 2022 berkurang sebanyak 7,79% dibandingkan tahun 2021. Agar mampu bersaing di masa kini dan masa depan, salah satu upaya untuk mengetahui strategi tepat bagi rumah sakit adalah dengan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat dilakukan RSUD Kiwari Kota Bandung berdasarkan analisis SWOT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan terdiri dari direktur, kepala bagian, dan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi SO: inovasi reknologi medis, peningkatan layanan perawatan, telemedicine, dan pengembangan program kesehatan. Strategi SW: promosi dan pemasaran, ekspansi layanan, kemitraan dengan pihak ketiga, dan program kesehatan masyarakat. Strategi ST: evaluasi portofolio, penjualan aset non-essensial, aliansi atau kemitraan, dan fokus pada core competencies. Strategi pemasaran di rumah sakit perlu ditangani secara serius dengan meningkatkan strategi pelayanan, meningkatkan layanan telemedis, memperluas lanskap manajerial, dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk promosi dan pelayanan. Kata Kunci: strategi pemasaran, kunjungan pasien, SWOT analysis
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2024 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 06:57 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 06:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68147 |
Actions (login required)
View Item |