PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NILAI PELAYANAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN PASIEN (Suatu Survei Pada Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Advent Bandung)

FEBRINA L. TOBING, LASMA (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NILAI PELAYANAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN PASIEN (Suatu Survei Pada Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Advent Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
LASMA FEBRINA L. TOBING_MM.doc

Download (562kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap nilai pelayanan serta implikasinya pada kepuasan pasien. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan pasien dan nilai pelayanan khususnya di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Advent Bandung dan rumah sakit pada umumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuesioner disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan, teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2024. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum persepsi pasien pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Advent Bandung mengenai kualitas pelayanan, nilai pelayanan, dan kepuasan pasien relatif kurang baik, kurang sesuai dan kurang puas. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap nilai pelayanan baik secara parsial maupun simultan. nilai pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien melalui nilai pelayanan. Perlu adanya pembenahan dalam hal waktu pelayanan untuk meminimalkan waktu tunggu pasien dengan mengefektifkan pelayanan melalui perjanjian untuk mengurangi waktu tunggu pasien sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Nilai Pelayanan, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:06
Last Modified: 29 Feb 2024 08:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68107

Actions (login required)

View Item View Item