PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PASIEN (Suatu Survei Pada Pasien Non BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Bandung Kiwari)

ELFRIDA LUMBANTOBING, BETTY (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PASIEN (Suatu Survei Pada Pasien Non BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Bandung Kiwari). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
BETTY ELFRIDA LUMBANTOBING _MM.doc

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengkaji, dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien serta implikasinya pada loyalitas pasien non BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Bandung Kiwari. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan sebagai dasar pertimbangan bagi Rumah Sakit Umum Daerah Bandung Kiwari dalam usaha perbaikan manajemen pelayanan kesehatan pada umumnya dan diharapkan dapat memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan pasien dan meningkatkan loyalitas pasien melalui manajemen rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan responden yang diambil 100 pasien. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2024. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum persepsi pasien non BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Bandung Kiwari terhadap kualitas pelayanan, kepuasan pasien, dan loyalitas pasien kurangp baik. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien baik secara parsial maupun simultan. Kepuasan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:03
Last Modified: 29 Feb 2024 08:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68106

Actions (login required)

View Item View Item