PENGARUH GREEN ACCOUNTING, KEPEMILIKAN SAHAM, DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN DAMPAKNYA PADA IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Karina Rahma, Salsabila (2024) PENGARUH GREEN ACCOUNTING, KEPEMILIKAN SAHAM, DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN DAMPAKNYA PADA IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Salsabila Karina Rahma_MAKSI.doc

Download (561kB)

Abstract

Permasalahan lingkungan dan sosial sulit diatasi yang diakibatkan dari kegiatan usaha suatu perusahaan untuk memperoleh keuntungan dengan lebih tinggi. Pencemaran, pemborosan sumber daya alam, limbah, dan ketidakamanan produk adalah beberapa masalah yang dihadapi Masyarakat Green Accounting) adalah Suatu proses pengakuan, pengukuran nilai, pencatatan, peringkasan, pelaporan, dan pengungkapan secara terintegrasi terhadap objek, transaksi yang bermanfaat bagi para pemakai dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan ekonomi dan non-ekonomi. Kepemilikan publik adalah proporsi kepemilikan saham yang dimiliki oleh publik atau masyarakat terhadap saham Perusahaan. Rasio Leverage merupakan rasio yang menggambarkan sejauh mana aktiva perusahaan yang berasal dari utang. Kinerja keuangan adalah suatu analisis yang dilakukan untuk melihat sejauh mana suatu perusahaan telah melaksanakan dengan menggunakan aturan-aturan pelaksanaan keuangan secara baik dan benar. CSR bisa dikatakan komitmen yang berkesinambungan dari kalangan bisnis, untuk berperilaku secara etis dan memberi kontribusi bagi perkembangan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Melalui penelitian deskriptif maka dapat diperoleh deskripsi dari rumusan masalah yaitu mengenai Green Accounting, kepemilikan saham, Leverage, kinerja keuangan, dan implementasi corporate social responbility perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2018-2022. Penelitian verifikatif digunakan untuk menjawab perumusan masalah nomor enam hingga sebelas, yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Green Accounting, kepemilikan saham, dan Leverage terhadap kinerja keuangan, dan dampaknya pada implementasi corporate social responbility perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2018-2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa Green Accounting, kepemilikan saham, dan Leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan baik secara simultan paupun parsial, dan kinerja keuangan juga memiliki dampak positif dan signifikan terhadap implementasi corporate social responbility perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2018-2022. Kata Kunci : Green Accounting, kepemilikan saham, Leverage, Kinerja keuangan, implementasi corporate social responbility.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Akuntansi 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:34
Last Modified: 27 Feb 2024 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68090

Actions (login required)

View Item View Item