PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KOMITMEN KERJA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PENGELOLA DANA DESA YANG DIMODERASI OLEH KEBIJAKAN PEMERINTAH (SURVEI PADA ENAM KABUPATEN DI PULAI FLORES PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR)

MOGI, AGUSTINA (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KOMITMEN KERJA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PENGELOLA DANA DESA YANG DIMODERASI OLEH KEBIJAKAN PEMERINTAH (SURVEI PADA ENAM KABUPATEN DI PULAI FLORES PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
jurnal AGUSTINA MOGI_DIM revisi.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepemimpinan transformasional, budaya kerja, kompetensi, komitmen kerja, kebijakan pemerintah dan kinerja pengelola dana desa di pulau Flores Nusa Tenggara Timur yang belum baik. Penelitian ini dilakukan di enam kabupaten di pulau Flores yang masuk dalam kategori Indeks Desa Membangun dengan status “Desa Berkembang”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengkaji secara deskriptif maupun verifikatif terkait pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya kerja dan kompetensi terhadap komitmen kerja, pengaruh komitmen kerja terhadap kinerja dan pengaruh komitmen kerja terhadap kinerja yang dimoderasi oleh kebijakan pemerintah. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan 2 tahap melalui cluster sampling dengan alokasi proporsional. Sumber data penelitian berasal dari data primer dan data sekunder melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, budaya kerja, komitmen dan kinerja pengelola dana desa berada pada kategori cukup baik menuju baik sedangkan kompetensi dan kebijakan pemerintah berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian secara verifikatif menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, budaya kerja dan kompetensi secara bersama-sama maupun parsial mempengaruhi komitmen kerja pengelola dana desa, komitmen kerja mempengaruhi kinerja pengelola dana desa dan kebijakan pemerintah memoderasi pengaruh komitmen kerja terhadap kinerja pengelola dana desa di pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Budaya Kerja, Kompetensi, Komitmen Kerja, Kebijakan Pemerintah, Kinerja Pengelola Dana Desa

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 23 Feb 2024 13:08
Last Modified: 23 Feb 2024 13:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68062

Actions (login required)

View Item View Item