AKIBAT HUKUM PLAGIASI KOTAK KEMASAN DESAIN INDUSTRI AYAM GEPREK BENSU DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 31 TAHUN 2000 TENTANG DESAIN INDUSTRI

Inkasari Rahayu, 181000108 (2024) AKIBAT HUKUM PLAGIASI KOTAK KEMASAN DESAIN INDUSTRI AYAM GEPREK BENSU DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 31 TAHUN 2000 TENTANG DESAIN INDUSTRI. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A.COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F.BAB I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G.BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
H.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
I.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
J.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Kasus penjiplakan Desain Industri Kotak Kemasan Makanan Cepat Saji Ayam Geprek Bensu dilakukan oleh Ruben, di mana Desain Industri Kotak Kemasan tersebut seutuhnya milik Benny karena Benny lah yang menciptakan pertama kali Desain Industri Kotak Kemasan Cepat Saji Ayam Geprek Bensu. Sayangnya, Benny belum mendaftarkan Desain Industri Kotak Kemasan miliknya pada DJKI. Ruben yang mengetahui hal tersebut memiliki itikad tidak baik yaitu mendaftarkan Desain Industri Kotak Kemasan Makanan yang memiliki kesamaan dengan Benny, dengan nomor pendaftaran IDD000049596. Pada akhirnya Majelis Hukum mengetahui bahwa Ruben bersalah dan Benny lah yang memiliki Hak Eksklusif karena sebagai pencipta Desain Industri Kotak Kemasan. Pada skripsi ini permasalahan yang akan dikaji mengenenai Aturan, Pelaksanaan, dan Penyelesaiian permasalahan Desain Industri Kotak Kemasan Makanan Cepat Saji Ayam Geprek Bensu Milik Ruben dan Benny yang serupa mengakibatkan adanya kerugian terhadap para pihak. Keseluruhan permasalahan tersebut akan dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri. Dalam penelitian ini spesifikasi yang digunakan bersifat deskriptif analitis. Metode pendekatan yang digunakan ialah pendekatan yuridis normative. Tahap penelitian mencakup penelitian kepustakaan dengan tiga bahan hukum yang digunakan, yaitu primer, sekunder dan tersier yang berkorelasi serta relevan dengan penelitian ini. Penelitian Lapangan dilakukan dengan metode wawancara. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan studi dokumen dan wawancara. Serta teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan yuridis kualitatif. Hasil penelitian ini, diputuskan bahwa aturan Desain Industri mengenai Hak Eksklusif bisa didapatkan bagi desain industri yang memiliki keunikan. Adanya kesamaan desain industri antara Ruben dan Benny mengakibatkan adanya kerugian materil dan moril bagi Benny pemilik Hak Eksklusif. Penyelesaiian dari kasus ini yaitu Kotak Kemasan Desain Industri milik Ruben dibatalkan dan Majelis Hakim mengutus Ruben untuk mengganti Kotak Kemasan Desain Industri miliknya, lalu Ruben juga diminta untuk membayar biaya perkara tingkat kasasi. Kata Kunci: Desain Industri, Kotak Kemasan, Plagiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:37
Last Modified: 23 Feb 2024 02:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68055

Actions (login required)

View Item View Item