HUBUNGAN RASIO KOLESTEROL-LOW DENSITY LIPOPROTEIN / KOLESTEROL-HIGH DENSITY LIPOPROTEIN DENGAN KEJADIAN SINDROM KORONER AKUT DI RSUD KOTA BANDUNG TAHUN 2019-2022

Jihan Saskia Nursyabani, Nursyabani, Jihan Saskia (2024) HUBUNGAN RASIO KOLESTEROL-LOW DENSITY LIPOPROTEIN / KOLESTEROL-HIGH DENSITY LIPOPROTEIN DENGAN KEJADIAN SINDROM KORONER AKUT DI RSUD KOTA BANDUNG TAHUN 2019-2022. Skripsi(S1) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Cover 1.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
Dafpus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jihan_Turnitin.docx.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penyakit Jantung Koroner merupakan penyakit kardiovaskular dengan angka kejadian yang tinggi di Indonesia, diperkirakan sebanyak 11.592.990 kejadian pada tahun 2020. Salah satunya yaitu Sindrom Koroner Akut (SKA) dimana terjadi kelainan dinding arteri koroner dimana arteri mengalami aterosklerosis dapat bersifat asimptomatik. Selain itu, gejala yang timbul dapat berupa nyeri seperti kondisi angina tidak stabil, Infark Miokard dengan Non ST Elevasi (NSTEMI) dan Infark Miokard dengan ST Elevasi (STEMI). Memiliki faktor risiko yang tidak dapat di modifikasi dan dapat di modifikasi. Faktor yang tidak dapat di modifikasi, terdiri dari riwayat keluarga terhadap PJK dan SKA, umur, dan jenis kelamin. Faktor yang dapat di modifikasi, diantaranya profil dislipidemia, rokok, hipertensi, diabetes mellitus (DM) tipe 2 atau obesitas, dan aktivitas fisik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan rasio K-LDL/L-HDL terhadap kejadian SKA. Metode penelitian ini adalah analitik deksriptif dengan pendekatan cross sectional untuk melihat Hubungan Rasio K-LDL/K-HDL dengan kejadian Sindrom Koroner Akut (SKA). Sampel penelitian adalah pasien SKA dengan kriteria inklusi yaitu terdiagnosis SKA : UAP/STEMI/NSTEMI, pemeriksaan lipid dalam darah. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling pada tahun 2019-2022 didapatkan sebanyak 96 responden. Pengambilan data dilakukan dengan mengobservasi rekam medik pasien untuk data sekunder, Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan rasio K-LDL/K-HDL dengan kejadian SKA pada RSUD Kota Bandung tahun 2019 – 2022, hasil ini dapat disimpulkan karena didapatkan nilai p 0,045 atau p-value 0,05. Kesimpulan dari Penelitian ini menemukan bahwa kadar rasio K-LDL/K-HDL merupakan karakteristik umum yang memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kejadian sindrom koroner akut. Kata Kunci : Hubungan Rasio, Penderita Sindrom Koroner Akut (SKA)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Hubungan Rasio, Penderita Sindrom Koroner Akut (SKA)
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Sarjana Kedokteran 2024
Depositing User: Mr Perpustakaan FK
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:53
Last Modified: 22 Feb 2024 01:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68039

Actions (login required)

View Item View Item