PERBANDINGAN KENAIKAN BERAT BADAN PADA PASIEN YANG MENGGUNAKAN KB SUNTIK 1 BULAN DENGAN KB SUNTIK 3 BULAN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KRAGILAN SERANG, BANTEN TAHUN 2023

Dian Retha Dwiyana, Dwiyana, Dian Retha (2024) PERBANDINGAN KENAIKAN BERAT BADAN PADA PASIEN YANG MENGGUNAKAN KB SUNTIK 1 BULAN DENGAN KB SUNTIK 3 BULAN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KRAGILAN SERANG, BANTEN TAHUN 2023. Skripsi(S1) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
1 COVER DEPAN.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
7 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
10 HASIL CEK TURNITIN_compressed.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peningkatan berat badan dapat menjadi salah satu masalah bagi sebagian wanita, beberapa wanita menganggap tubuh yang sesuai dengan standar kecantikan tertentu sebagai impian atau tujuan yang diinginkan. Selain itu dari segi kesehatan peningkatan berat badan dapat berdampak pada risiko kesehatan yang terkait dengan obesitas. Penggunaan suntikan hormon progesteron, yang mempengaruhi pusat pengendalian nafsu makan di hipotalamus, dapat meningkatkan nafsu makan dan berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan. Dengan demikian, perubahan berat badan tidak hanya menjadi isu kesehatan, tetapi juga memainkan peran penting dalam persepsi kecantikan dan kesejahteraan wanita. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di Bidan Praktik Mandiri wilayah kerja Puskesmas Kragilan Serang, Banten dengan menggunakan data sekunder rekam medis. Data responden dilakukan kepada 96 sampel dibagi atas 48 responden KB suntik 1 bulan, dan 48 responden KB suntik 3 bulan yang didapat dari perhitungan rumus lameshow dengan metode consecutive sampling dan pengambilan data tersebut dilakukan berdasar dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Selain itu t-test digunakan untuk menguji hipotesis data. Total pengambilan data penelitian ini yaitu 96 responden, mayoritas adalah usia 20 – 40 tahun dan sisanya usia > 40 tahun. Hasil yang didapat yaitu dari 48 responden KB suntik 1 bulan memiliki nilai rata-rata peningkatan berat badan sebesar 0.938 kg, sedangkan KB suntik 3 bulan nilai rata-rata peningkatan berat badan sebesar 4.251 kg. Kata kunci: Berat badan, KB Suntik, Bidan Praktek Mandiri (BPM)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Berat badan, KB Suntik, Bidan Praktek Mandiri (BPM)
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Sarjana Kedokteran 2024
Depositing User: Mr Perpustakaan FK
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:30
Last Modified: 22 Feb 2024 04:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68032

Actions (login required)

View Item View Item