Yuliana, Eka and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN 10 KISAM TINGGI. Penelitian Tindakan Kelas. pp. 1-11.
|
Text
PTK_Eka_ (1).pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Penerapan nilai pancasila sila ke-2 di lingkungan sekolah dengan muatan pelajaran PKN dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning {PBL) berbantuan media powerpoint. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dimulai dengan tahap pra siklus, lalu dilanjutkan dengan siklus 1 dan 2 dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Teknik analisis data dengan membandingkan data hasil belajar antar siklus menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 UPT SDN 10 Kisam Tinggi yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal essay sebanyak5 soal. Pada kondisi ulangan harian menunjukkan hanya 9 peserta didik atau 60%peserta didik yang pencapaian KKTP. Setelah diberikan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar yaitu pada siklus 1 terdapat 12 peserta didik atau 80% peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKTP. Pada siklus 2 terdapat 14 peserta didik atau 94% peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKTP. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkanbahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), media powerpoint, hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 07:22 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 07:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67841 |
Actions (login required)
View Item |