PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN RANCAEKEK 06

Setiawat, Aat and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN RANCAEKEK 06. Penelitian Tindakan Kelas. pp. 1-8.

[img]
Preview
Text
PTK AAT (2).pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa di SDN Rancaekek 06. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SDN Rancaekek 06. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Tanggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan test hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Hasil penelitian Pada evaluasi tahap siklus 1 didapat nilai total sebesar 730 sehingga nilai rata-ratanya 67,33. Data hasil evaluasi tahap siklus 1 menunjukkan ada 8 orang peserta didik yang mencapai nilai KKM sehingga persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 77%. Sementara itu peserta didik yang tidak mencapai KKM berjumlah 3 orang dengan persentase 23%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Media Audio Visual, Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:53
Last Modified: 12 Feb 2024 06:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67839

Actions (login required)

View Item View Item