PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Nurliati, Lelly and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Penelitian Tindakan Kelas. pp. 1-12.

[img]
Preview
Text
PTK Lelly.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang pada peserta didik kelas I-A melalui penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media power point. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Stephen Kemmis dan Robyn Mc Taggart yang dilaksanakan dimulai dari prasiklus, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I-A SDN Kihapit Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi yang berjumlah 30 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Dari penelitian ini didapat gambaran secara umum bahwa tingkat pada siklus I setelah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media power point mengalami peningkatan sebesar 71,3%, sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,6 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media power point mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), media power point, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:50
Last Modified: 12 Feb 2024 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67838

Actions (login required)

View Item View Item