PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Kulsum, Dewi and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Penelitian Tindakan Kelas. pp. 1-11.

[img]
Preview
Text
PTK_DEWI_KULSUM PPG 2023_.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model Problem Based Learning Berbantuan Media Canva. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan terdiri dari dua siklus. Tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IVSDK Trimulia HITS Bandung dengan subjek penelitian 23 siswa. Variabelbebas dari penelitian ini adalah Model Problem Based Learning, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian hasil belajarsiswa menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I mencapai rata-rata 75,22 dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 84,35. Dari peneilitan maka ketuntasan belajar sisswa dapat diperoleh dari pra siklus ada 6 siswa tuntas (26%), pada siklus I meningkat 14 siswa Tuntas (61%) dan pada siklus ke II menjadi 19 siswa tuntas (83%). Peningkatan kemampuan berpikir kritis berdampak pada siswa. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan berbantuan media canva pada kelas IV SDK Trimulia HITS Bandung. Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Canva, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:26
Last Modified: 12 Feb 2024 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67835

Actions (login required)

View Item View Item