PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SDN 270 GENTRA MASEKDAS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SMART BOARD

Lismiat, Lismiat and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SDN 270 GENTRA MASEKDAS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SMART BOARD. Pelatihan Tindakan Kelas. pp. 1-10.

[img]
Preview
Text
PTK-PGSD-UNPAS-LISMIATI (1).pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran matematika materi perkalian kelas II SD dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual smart board. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN 270 Gentra Masekdas Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes tulis menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Pada kondisi awal prapenelitian (pra-siklus) persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 50% (15 peserta didik), dengan rata-rata nilai 60. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM meningkat menjadi 67% (20 peserta didik), dengan rata-rata nilai 70. Pada siklus II persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 90% (20 peserta didik), dengan rata-rata nilai 80. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media audio visual smart board dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Problem Based Learning, Audio Visual

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Feb 2024 05:53
Last Modified: 12 Feb 2024 05:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67829

Actions (login required)

View Item View Item