Strategi Komunikasi Humas Polda Jabar Dalam Menjalankan Aktivitas External Public Relations (Studi Deskriptif Program Duta Desa Humas Polda Jawa Barat)

Santika, Muhammad Adhi and Fitrananda, Charisma Asri (2024) Strategi Komunikasi Humas Polda Jabar Dalam Menjalankan Aktivitas External Public Relations (Studi Deskriptif Program Duta Desa Humas Polda Jawa Barat). AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4 (1). pp. 32-49. ISSN E-ISSN 2746-654X (online) ISSN: 2746-6558 (cetak)

[img]
Preview
Text
Strategi Komunikasi Humas Polda Jabar Dalam Menjalankan Aktivitas External Public Relations.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana aktivitas external public relations di Humas Polda Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan excellence theory dari Grunig, dkk. Excellence theory membahas tentang peran dan fungsi ideal humas yang harus dijalankan dalam sebuah organisasi melalui excellence communications. Excellence communications terdiri dari tiga aspek yang saling terkait, yaitu pengetahuan dasar, harapan bersama dan budaya partisipasi organisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan tidak ada pengujian teori. Paradigma penelitian post-positivisme mengutamakan data verbal untuk diolah. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini, ketiga aspek dari excellence communication sudah diterapkan dengan baik pada aktivitas external public relations di Humas Polda Jawa Barat. Humas mampu mengelola arus informasi baik internal maupun eksternal, melakukan komunikasi dua arah antara Polda Jabar dengan masyarakat. Adanya harapan bersama antara humas dan pimpinan agar tidak sulit mendapatkan persetujuan dalam setiap perencanaan kegiatan kehumasan. Budaya komunikasi yang diterapkan dalam kegiatan external public relations adalah komunikasi terbuka yang meningkatkan partisipasi semua pihak terkait. Kata kunci: excellence communications, komunikasi dua arah, koalisi dominan, budaya Partisipasi

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:16
Last Modified: 07 Feb 2024 04:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67822

Actions (login required)

View Item View Item