Yusuf, Yogi Mohammad and Rahiem, Vikry Abdullah and Fitrananda, Charisma Asri (2024) MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JURNAL JUDIKA, 2 (2). pp. 1-9. ISSN e ISSN: 2963-6043
|
Text
MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Islam. Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual didapatkan dari pendidikan agama yang baik, ditambah dengan pendidikan agama yang terbuka dan menerima perkembangan jaman yang semakin mengglobal ini. Perkembangan teknologi internet dalam dunia pendidikan pun makin ramah dengan situs jejaring youtube Pesan_Trend. Metode penelitian ini menggunakan etnografi virtual yang mengamati komunikasi media pembelajaran siswa di youtube channel Pesan_Trend berkaitan dengan perilaku komunikasi dalam tema kebudayaan tertentu. Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran Pesan_Trend dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam itu sendiri, dimana pembelajaran pendidikan agama Islam dapat berorientasi pada media pembelajaran berbasis online yang inovatif seperti platform Youtube. Tersedianya media pembelajaran pendidikan agama Islam alternatif yang berbasis pada media sosial (online) untuk pengajaran pendidikan agama Islam dapat memberikan kemudahan kepada guru pendidikan agama Islam dalam melaksakan proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran berbasis online yakni media sosial. Pemanfaatan media sosial sebagai media pendidikan agama Islam adalah memberi imbas dengan landasan yang mendasar bagi guru pendidikan agama Islam untuk memilih metode serta media pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan tuntutan pendidikan saat ini. Kata Kunci : Agama Islam, Media Sosial, Pendidikan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | JOURNAL |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 04:04 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 04:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67818 |
Actions (login required)
View Item |