KORELASI STATUS GIZI DAN LAMA MENSTRUASI DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG MELALUI PEMERIKSAAN HEMOGLOBIN

DEWI NURAPRILIA, NURAPRILIA DEWI (2024) KORELASI STATUS GIZI DAN LAMA MENSTRUASI DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG MELALUI PEMERIKSAAN HEMOGLOBIN. Skripsi(S1) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN_DEWI NURAPRILIA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_DEWI NURAPRILIA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1_DEWI NURAPRILIA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2_DEWI NURAPRILIA.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB 3_DEWI NURAPRILIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB 4_DEWI NURAPRILIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB 5_DEWI NURAPRILIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_DEWI NURAPRILIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_DEWI NURAPRILIA.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HASIL CEK TURNITIN_DEWI NURAPRILIA.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Anemia adalah kondisi jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin di dalamnya lebih rendah dari biasanya. Anemia lebih rentan terjadi pada remaja putri dibandingkan pada remaja putra. Remaja putri setiap bulan mengalami menstruasi yang menyebabkan kehilangan darah dan seringkali membatasi konsumsi makan untuk mempertahankan bentuk tubuh. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, prevalensi anemia untuk usia 5-14 tahun sebesar 26,8% dan usia 15-24 tahun sebesar 32,0%. Berdasarkan jenis kelamin yaitu 20,3% pada laki-laki dan 27,2% pada perempuan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi status gizi dan lama menstruasi dengan kejadian anemia pada remaja putri di SMA Pasundan 2 Bandung melalui pemeriksaan hemoglobin. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat analitik dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan mengambil semua populasi yang sesuai dengan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi yang berjumlah 265 orang. Pengolahan data menggunakan uji korelasi Gamma. Instrumen penelitian berupa alat pengukur berat badan (timbangan) dan tinggi badan (microtoise), alat pemeriksaan Hb POCT dan formulir. Hasil: Hasil penelitian pada siswi di SMA Pasundan 2 Bandung didapatkan kondisi status gizi siswi mayoritas normal (57,4%), lama menstruasi siswi mayoritas normal (92,5%) dan mayoritas siswi tidak mengalami anemia (72,1%). Berdasarkan analisis bivariat dengan uji korelasi Gamma tidak terdapat korelasi bermakna antara status gizi dengan kejadian anemia (r = -0,102, nilai p = 0,341) dan lama menstruasi dengan kejadian anemia (r = 0,008, nilai p = 0, 972). Kesimpulan: Tidak terdapat korelasi bermakna antara status gizi dan lama menstruasi dengan kejadian anemia melalui pemeriksaan hemoglobin. Kata kunci: Kejadian Anemia, Lama Menstruasi, Status Gizi .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Kejadian Anemia, Lama Menstruasi, Status Gizi
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Sarjana Kedokteran 2024
Depositing User: Mr Perpustakaan FK
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:52
Last Modified: 07 Feb 2024 03:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67816

Actions (login required)

View Item View Item