PELATIHAN COPYWRITING DAN DIGITAL MARKETING PADA PELAKU UMKM SENTRA USAHA DI KELURAHAN BUAH BATU KOTA BANDUNG

Yusuf, Yogi Muhamad and Rahiem, Vikry Abdullah and Fitrananda, Charisma Asri (2024) PELATIHAN COPYWRITING DAN DIGITAL MARKETING PADA PELAKU UMKM SENTRA USAHA DI KELURAHAN BUAH BATU KOTA BANDUNG. ABDI KAMI 111 | Sosialisasi Aplikasi Untuk Melak, 5 (2). pp. 111-119. ISSN ISSN 2654-606X (Print) | ISSN 2654-6280 (Online)

[img]
Preview
Text
Pelatihan Pembuatan Konten Kreatif Media Sosial untuk Promosi UMKM di Kabupaten Subang.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/Abdi_K...

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau biasa disebut UMKM adalah kegiatan usaha atau bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga maupun badan usaha kecil. Berdasarkan survei Bank Indonesia menyebutkan sebanyak 87,5 persen UMKM terdampak pandemi Covid-19. Dari jumlah ini, sekitar 93,2 persen di antaranya terdampak negatif di sisi penjualan. Dengan latar belakang tersebut, tim melakukan pelatihan copywriting dan pemahaman mengenai digital marketing di salah satu UMKM Sentra Usaha di Kecamatan Bojongsoang, Kelurahan Buah Batu, Kota Bandung. Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatan salah satu upaya penjualan dengan memanfaatkan platform digital. Kemampuan penulisan dalam media marketplace merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan brand awareness terhadap para calon konsumen. Adapun masalah yang dimiliki oleh mitra adalah mitra belum mampu membuat caption, tagline, description untuk produk yang akan disimpan di etalase marketplace. Selain itu terkait perencanaan digital marketing, tim pengabdian membawa mahasiswa untuk memberikan materi sesuai dengan yang dipelajari di perkuliahan. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pendekatan kontekstual yaitu memberikan materi teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pengarahan dan pendampingan mitra dalam membuat copywriting dan teknik perencanaan digital marketing. Lalu dilanjutkan dengan metode fasilitasi dalam membuat konten yang dapat diunggah langsung di marketplace atau di media sosial mitra. KATA KUNCI: Copywriting, Digital Marketing, UMKM, Brand Awareness, Marketplace

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:55
Last Modified: 06 Feb 2024 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67810

Actions (login required)

View Item View Item