PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN PANGAUBAN 01

Suryati, Eti and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN PANGAUBAN 01. Penelitian Tindakan Kelas. pp. 1-10.

[img]
Preview
Text
PTK_ETI SURYATI.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas I di SDN Pangauban 1 pada Bab 1 materi pembelajaraan huruf vokal dan huruf konsonan dari 25 siswa hanya 10 siswa atau sekitar 40% yang mencapai KKTP dengan nilai rata-rata kelas 71,6. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Pangauban 01. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Tanggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan test hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan 10 dari 25 siswa atau 60% siswa mencapai KKTP dengan nilai rata-rata kelas 76,2. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan 23 dari 25 siswa atau 92% siswa mencapai KKTP dengan nilai rata-rata kelas 82,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Media Audio Visual, Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:11
Last Modified: 05 Feb 2024 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67793

Actions (login required)

View Item View Item