Pengaruh Kepemimpinan, Transformasional, Dukungan Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen yang Dimoderasi oleh Sertifikasi Dosen ( Survei Pada Dosen Prodi S1 Bidang Ekonomi di Perguruan Tinggi Swasta Provinsi Riau)

Syahsudarmi, Siti (2024) Pengaruh Kepemimpinan, Transformasional, Dukungan Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen yang Dimoderasi oleh Sertifikasi Dosen ( Survei Pada Dosen Prodi S1 Bidang Ekonomi di Perguruan Tinggi Swasta Provinsi Riau). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Siti Syahsudarmi_DIM.docx

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan transformasional, dukungan organisasi, dan budaya organisasi terhadap komitmen serta implikasinya pada kinerja dosen yang dimoderasi oleh sertifikasi dosen. Subjek penelitian ini adalah dosen Program Studi S1 bidang Ekonomi di perguruan tinggi swasta Provinsi Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data terhadap 269 responden dengan menggunakan sampel jenuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, dukungan organisasi, dan budaya organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen dosen, kemudian komitmen dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen. Sertifikasi dosen memoderasi hubungan antara variabel-variabel tersebut. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran kepemimpinan transformasional, dukungan organisasi, dan budaya organisasi dalam meningkatkan komitmen dan kinerja dosen. Implikasi penelitian ini adalah perlunya perguruan tinggi swasta di Provinsi Riau untuk memperhatikan faktor-faktor tersebut dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia, terutama dosen, guna meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen dan kinerja dosen. Kata Kunci: Kepemimpinan transformasional, dukungan organisasi, budaya organisasi, komitmen, kinerja dosen, sertifikasi dosen.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:06
Last Modified: 27 Feb 2024 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67792

Actions (login required)

View Item View Item