PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT DUSTIRA KOTA CIMAHI

Valqy Anantha Putra, I Made Brahmystha (2024) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT DUSTIRA KOTA CIMAHI. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
I Made Brahmystha _MM.doc

Download (412kB)
[img]
Preview
Text
_Tesis I Made Brahmystha Valqy Anantha Putra MM+.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Keperawatan menjadi salah satu profesi di bidang kesehatan yang mempunyai kontribusi terhadap kualitas pelayanan kesehatan, khususnya di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja serta implikasinya pada kinerja perawat di Rumah Sakit Dustira Kota Cimahi. Hasil penelitian ini dapat memberikan data dan informasi yang bermanfaat bagi manajer keperawatan dalam peningkatan kinerja perawat yang dapat berdampak pada mutu pelayanan asuhan keperawatan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan, teknik pengambilan sampel menggunakan Propotional Cluster Random Sampling. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2023. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum motivasi kerja, iklim organisasi, kepuasan kerja, dan kinerja perawat masuk dalam kategori cukup baik. Motivasi kerja dan iklim organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja baik secara parsial maupun simultan dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit Dustira Kota Cimahi, secara parsial motivasi kerja lebih dominan mempengaruhi kinerja perawat. Kata Kunci : Iklim Organisasi, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Perawat.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:14
Last Modified: 26 Jan 2024 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67747

Actions (login required)

View Item View Item