Strategi Pengelolaan Modal Kerja untuk Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan pada Rumah Sakit Umum Daerah (Studi Kasus pada RSUD BLUD di Wilayah Purwasuka Jawa Barat)

Badriah Hartono, Lusiana and Affandi, Azhar and Suwanda, Dadang (2024) Strategi Pengelolaan Modal Kerja untuk Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan pada Rumah Sakit Umum Daerah (Studi Kasus pada RSUD BLUD di Wilayah Purwasuka Jawa Barat). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
jurnal cover ekonomis 7(2) 2023.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jurnal lusiana s3 1543-3953-1-PB.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan modal kerja pada anggaran fungsional RSUD BLUD berkenaan dengan aktiva lancar dan hutang lancar rumah sakit, salah satu aspek terpenting dari pembelanjaan biaya operasional rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan modal kerja pada anggaran fungsional di RSUD BLUD, mulai dari perencanaan dan anggaran, pelaksanaan realisasi anggaran pendapatan, realisasi belanja dan penatausahaan serta pelaporan dan pertanggung jawabannya, yang berdampak terhadap laporan keuangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif analisis dan sifat penelitian single case study, dengan lokus penelitian RSUD BLUD di Wilayah Purwasuka Jawa Barat, pada RSUD Bayu Asih Kabupaten Purwakarta, RSUD Subang dan RSUD Karawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan modal kerja belum optimal karena berbagai kendala yang di hadapi oleh RSUD BLUD dalam perencanaan dan penganggaran, pendapatan dan belanja, regulasi, kompetensi SDM Keuangan, ketersediaan data dan sistem / aflikasi keuangan serta capaian mutu keuangan. Oleh karena itu diperlukan strategi pengelolaan modal kerja agar kualitas laporan keuangan rumah sakit semakin baik dengan strategi dalam perencanaan penggaran RSUD BLUD; Optimalisasi pendapatan RSUD BLUD; Efektif dan efisien belanja; Penguatan regulasi RSUD BLUD terkini; Kompetensi SDM keuangan; Data dan implementasi sistem/aflikasi keuangan. Sehingga laporan keuangan RSUD BLUD dapat terjaga kualitasnya dengan baik dan akuntable. Kata Kunci : Strategi Pengelolaan Modal Kerja, Kualitas Laporan Keuangan, RSUD, BLUD.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:43
Last Modified: 24 Jan 2024 01:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67746

Actions (login required)

View Item View Item