Formulasi Strategi Dalam Rangka Pencapaian Keunggulan Bersaing Di Rumah Sakit Santo Yusup Bandung (Studi Kasus di Direktorat Keperawatan RS Santo Yusup Bandung)

Rahayu, Lanjar and Affandi, Azhar and Rusliati, Ellen (2024) Formulasi Strategi Dalam Rangka Pencapaian Keunggulan Bersaing Di Rumah Sakit Santo Yusup Bandung (Studi Kasus di Direktorat Keperawatan RS Santo Yusup Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH LANJAR R 208020080.pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

Perencanaan strategi sangat diperlukan di tengah persaingan yang semakin ketat di bidang layanan kesehatan di mana pasien bisa memilih layanan kesehatan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh formulasi rencana strategi dalam rangka pencapaian keunggulan bersaing di RS Santo Yusup (Studi Kasus di Direktorat Keperawatan Rumah Sakit Santo Yusup). Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengaplikasikan teori yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli tentang manajemen organisasi dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan perencanaan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan.Penelitian ini dilakukan di Direktorat Keperawatan Rumah Sakit Santo Yusup. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus.Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian di Direktorat Keperawatan RS Santo Yusup didapatkan hasil Matrik IFAS menunjukkan skor 1,4 dan hasil Matrik EFAS menunjukkan skor 1,14 dalam diagram analisi SWOT berada pada posisi kuadran 1 yaitu dengan pilihan strategis agresif. Hasil Competitive Profile Matrix (CPM) memiliki skor total yang mengungguli pesaing. Hasil analisis Matrik IE didapatkan skor nilai IFAS 2,81 dan EFAS 2,70 menempati sel nomor IV yaitu organisasi yang bertumbuh dan membangun. Pilihan strategis yang diambil berupa strategi intensif dan strategi terintegrasi. Hasil Matrik Grand Strategy terletak pada kuadran 1 yang berarti Direktorat Keperawatan RS Santo Yusup memiliki posisi kompetitif yang kuat dengan pertumbuhan pasar yang tinggi. Strategi yang diambil berupa pengembangan pasar, penetrasi pasar, pengembangan produk menggunakan Matrik QSPM didapatkan 8 strategi. Strategi tersebut dibuat program kerja menggunakan kerangka Balanced Scorecard (BSC) serta dibuat Plan of action dan targetnya. BSC menggunakan 4 topik utama yaitu perspektif pembelajaran, perspektif bisnis internal, perspektif keuangan dan perspektif pelanggan. Kata kunci: Direktorat Keperawatan;Matrik IFAS;Matrik EFAS;Matrik SWOT;Matrik Profil Kompetitif Competitive Profile Matrix (CPM);Matrik IE,Matrik Grand Strategy;Matriks Quantitative Strategic Planning (QSPM);Balanced Scorecard (BSC)

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:58
Last Modified: 22 Jan 2024 01:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67737

Actions (login required)

View Item View Item