TINJAUAN YURIDIS PENERAPAN SISTEM E-REGISTRATION DAN E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA KARAWANG BEDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2021 TENTANG HARMONISASI PERATURAN PERPAJAKAN

Ciko Yustio Akbar, 191000243 (2024) TINJAUAN YURIDIS PENERAPAN SISTEM E-REGISTRATION DAN E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA KARAWANG BEDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2021 TENTANG HARMONISASI PERATURAN PERPAJAKAN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Kementerian Keuangan melihat bahwa tax ratio terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) akhir-akhir ini semakin menurun. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kepatuhan wajib pajak di Indonesia masih rendah. Setiap warga negara yang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif sesuai dengan peraturan perundangundangan perpajakan harus mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak dan akan diberi Nomor Pokok Wajib Pajak. Setelah itu harus memenuhi kewajiban perpajakannya, salah satunya dengan menyampaikan SPT. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan sistem e-registration dan e-filling terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Karawang bedasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan, apa kendala dari penerapan sistem e-registration dan e-filing di KPP Pratama Karawang, dan bagaimana upaya KPP Pratama Karawang dalam meningkatkan kepatuhan dan perolehan pajak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode spesifikasi penelitian yang bersifat deskriptif analitis yaitu menganalisis permasalahan yang ada melalui data yang sudah dikumpulkan dan lebih lanjut diolah serta disusun berdasarkan teori dan konsep yang berkaitan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris yaitu penelitian hukum mengenai penerapan atau implementasi ketentuan hukum normatif secara langsung pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat. Tahap penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Alat pengumpul data terdiri dari alat pengumpul data kepustakaan dan alat pengumpul data lapangan kemudian dianalisis secara yuridis kuantitatif yang berpedoman kepada hukum positif kemudian dianalisis untuk melakukan penemuan asas dan informasi. Berdasarkan hasil penelitian sistem e-registration dan e-filling belum cukup diterapkan dengan baik di KPP Pratama Karawang karena, kondisi khusus terutama pada tahun 2019 dan 2010 data menunjukan tingkat kepatuhan menurun atau tidak mencapai target. Jaringan internet dan situs website down serta kondisi daya pikul dapat menjadi kendala saat menggunakan sistem e-registration dan e-filling. Pada tahun 2019-2020 tingkat kepatuhan dan penerimaan pajak di KPP Pratama Karawang cenderung rendah dan tidak mencapai target karena KPP Pratama Karawang tidak menjalankan tugasnya disebabkan kondidi Covid-19, pada tahun 2021 dan 2022 setelah Covid-19 reda KPP Pratama Karawang melakukan upaya untuk meningkatkan kepatuhan dan perolehan pajak dengan melaksanakan penyuluhan pajak, memberikan pelayanan perpajakan terpadu, memberikan asistensi kepada wajib pajak yang membutuhkan bimbingan perpajakan, Pengawasan yang efektif kepada Wajib Pajak, Efektivitas kegiatan pemeriksaan dan penagihan, aktif di media sosial dengan memberikan informasi seputar perpajakan, dengan hal itu tingkat kepatuhan dan penerimaan pajak terpenuhi. Kata kunci: e-registration, e-filling, wajib pajak orang pribadi,kepatuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:13
Last Modified: 19 Jan 2024 06:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67733

Actions (login required)

View Item View Item