KURNIA DARMAWAN, EDWIN (2024) ¬¬¬¬¬¬PENGARUH EFEKTIVITAS PENANGANAN KOMPLAIN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS PASIEN YANG BERKUNJUNG KE RUMAH SAKIT (Suatu Survey Pada Pasien yang berkunjung ke Unit Pelayanan Rawat Jalan UOBK RSUD Al Mulk Kota Sukabumi). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
8. Artikel Edwin Kurnia Darmawan_MMRS.doc Download (494kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efektivitas penanganan komplain pasien terhadap kepuasan dan implikasinya terhadap loyalitas pasien yang berkunjung ke rumah sakit (suatu survey pada pasien yang berkunjung ke unit pelayanan rawat jalan UOBK RSUD Al Mulk Kota Sukabumi). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi UOBK RSUD Al Mulk Kota Sukabumi dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuesioner disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan, teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2023. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum persepsi pasien terhadap efektivitas penanganan komplain pasien, kepuasan dan loyalitas pasien di unit pelayanan rawat jalan UOBK RSUD Al Mulk Kota Sukabumi masuk dalam kategori cukup baik. Efektivitas penanganan komplain berpengaruh terhadap kepuasan pasien secara parsial dan kepuasan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien di unit pelayanan rawat jalan UOBK RSUD Al Mulk Kota Sukabumi. Kata Kunci : Efektivitas Penanganan Komplain, Kepuasan, Loyalitas Pasien
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2024 |
Depositing User: | Mr SOER - |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:51 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67688 |
Actions (login required)
View Item |