PENGAMBILALIHAN PAKSA YANG DILAKUKAN OLEH PT KERETA API INDONESIA TERHADAP WARGA LASWI KOTA BANDUNG DALAM PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA.

Tiara Puspita Sari, 191000158 (2023) PENGAMBILALIHAN PAKSA YANG DILAKUKAN OLEH PT KERETA API INDONESIA TERHADAP WARGA LASWI KOTA BANDUNG DALAM PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Pemerintah didalam penggusuran seharusnya tidak boleh bertindak sewenang-wenang dan harus memperhatikan hak-hak yang berbasis Hak Asasi Manusia. Adapun persoalan yang dikemukakan dalam penulisan ini yang pertama bagaimana perlindungan hukum terhadap vvarga Laswi terkait penggusuran dalam perspektif Hak Asasi Manusia, kedua bagaimana proses penggusuran secara paksa terhadap vvarga Laswi, ketiga bagaimana solusi hukum terhadap penggusuran yang terjadi di Jl. Laswi Kota Bandung dan bagaimana analisis yuridis tentang hak-hak vvarga Laswi Kota Bandung dalam penggusuran paksa menurut Undang-Undang nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analitis yaitu untuk mengumpulkan informasi tentang gejala-gejala yang ada dan menyempaikan fakta-fakta mengenai masalah hak asasi manusia terutama dalam segi hak-hak terhadap korban penggusuran, dengan mengginakan proses analisis dari perundang-undangan dan pemahaman hukum. Metode pendekatan yang digunakan yaitu yuridis normatif dilakukan dengan cara menelaah bahan pustaka yang merupakan data sekunder atau disebut juga dengan penelitian hukum kepustakaan atau dokumen. Tahap penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan dan lapangan untuk memperoleh data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi study dokumen suatu alat pengumpulan data melalui data tertulis dan wavvancara untuk memperoleh informasi langsung dari sumbemya. Alat pengumpulan data dalam penelitian kepustakaan berupa bahan bacaan seperti buku, catatan dan alat pengumpualan data berupa wawancara. Analisis data menggunakan metode yuridis kualitatif menggambarkan dan meringkas berbagai kondisi dan situasi dari data yang telah disimpulkan dari hasil wavvancara ataupun pengamatan masalah yang diteliti saat teriadi di lapangan. Hasil dari penelitian ini bahwa perlindungan hukum terhadap penggusuran yang telah terjadi di Jl. Laswi Kota Bandung sudah mencapai ketahap pengadilan, meskipun sudah ada aturan yang mengatur tentang penggusuran bahwa sebelum melaksanakan penggusuran PT. Kereta Api Indonesia Kota Bandung seharusnya melakukan upaya persuasif dan sosialisasi langsung. Tetapi dalam proses pelaksanaannya terdapat minimnya komunikasi dan sosialisasi sehingga penggusuran dilakukan dengan sewenang-wenang. Belum meningkatkan rasa keadilan dalam proses penggusuran yang ada di Jl. Laswi Kota Bandung. Kata Kunci: Penggusuran Paksa, Perlindungan Hukum, Hak Asasi Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:15
Last Modified: 29 Dec 2023 01:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67679

Actions (login required)

View Item View Item