PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PASIEN NON BPJS KLINIK RAWAT INAP UTAMA RIDHO

Mrs, MARIYAM (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PASIEN NON BPJS KLINIK RAWAT INAP UTAMA RIDHO. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Jurnal.doc

Download (596kB)

Abstract

Kondisi jumlah kunjungan pasien non BPJS di Klinik Pratama Rawat Inap Utama Ridho cenderung menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengkaji, dan mengetahui pengaruh ualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan pasien non BPJS Klinik Pratama Rawat Inap Utama Ridho. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan sebagai dasar pertimbangan di Klinik Pratama Rawat Inap Utama Ridho dalam usaha perbaikan manajemen pelayanan kesehatan pada umumnya dan diharapkan dapat memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan pasien dan meningkatkan loyalitas pasien melalui manajemen klinik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuesioner disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan, teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2023. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum persepsi pasien non BPJS di Klinik Pratama Rawat Inap Utama Ridho tentang kualitas pelayanan, kepuasan pasien, dan loyalitas pasien cukup baik. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien baik secara parsial maupun simultan. Kepuasan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien. Perlu adanya pembenahan dalam hal waktu pelayanan untuk meminimalkan waktu tunggu pasien. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:14
Last Modified: 27 Dec 2023 08:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67672

Actions (login required)

View Item View Item