STRATEGI IMPLEMENTASI DIGITAL BANKING DALAM UPAYA MENINGKATKAN CURRENT ACCOUNT SAVING ACCOUNT/CASA (STUDI KASUS PADA BANK KELOMPOK BUKU 3)

MOHAMAD YUNUS, SOMI (2023) STRATEGI IMPLEMENTASI DIGITAL BANKING DALAM UPAYA MENINGKATKAN CURRENT ACCOUNT SAVING ACCOUNT/CASA (STUDI KASUS PADA BANK KELOMPOK BUKU 3). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Somi Mohamad Yunus_DIM.docx

Download (385kB)

Abstract

Implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2020 membuka persaingan bebas perbankan di ASEAN. Kondisi tersebut memaksa kesiapan perbankan di Indonesia untuk menghadapi persaingan global, dimana terdapat kemungkinan yang kuat akan memangsa yang lemah. Perbedaan size asset bank dan modal sedikit banyak akan mempengaruhi peta persaingan bank di Indonesia dan juga ASEAN. Tentu saja hal tersebut menjadi trigger dan tantangan perbankan di Indonesia. Percepatan adaptasi dalam meningkatkan layanan kepada nasabah dan penerapan berbagai strategi bank menjadi sangat penting untuk dapat bertahan ditengah ketatnya persaingan antar bank. Memperhatikan market share current account saving account bank pada kelompok buku 4 masih mendominasi dibanding kelompok buku bank lainnya, dimana kondisi tersebut mencerminkan banyak bank sangat tergantung pada dana mahal atau deposito dan tidak menggambarkan kondisi struktur komposisi dana yang ideal. Strategi implementasi digital bank tidak hanya memberikan potensi peningkatan penghimpunan dana murah bagi bank, fee base income dan menekan cost of fund, namun secara umum mampu meningkatkan ketahanan bank dalam menghadapi krisis. Pada akhirnya, diperlukan strategi implementasi digital banking guna meningkatkan market share CASA dan fee base income. Penerapan digital banking harus sejalan dengan literasi digital yang efektif dari berbagai pihak, baik dari perbankan, entitas fintech, otoritas dan peran pemerintah. Sehingga akan tercipta digital society yang smart, mampu memitigasi risiko secara mandiri dan menyerap informasi produk digital secara bertanggung jawab. Kata kunci : Jurnal, digital banking, Rasio CASA, market share

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:49
Last Modified: 28 Dec 2023 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67671

Actions (login required)

View Item View Item