UJI POTENSI ENZIM ALAMI (ENZACT 120) SEBAGAI SUPLEMENTASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKSI TERNAK AYAM KAMPUNG (Gallus domesticus)

HADIYANTO DODO SEPTIAN, 165040058 (2023) UJI POTENSI ENZIM ALAMI (ENZACT 120) SEBAGAI SUPLEMENTASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKSI TERNAK AYAM KAMPUNG (Gallus domesticus). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHA.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB II.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
11.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
12.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
13.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Ayam kampung merupakan salah satu jenis ternak unggas yang telah sangat dikenal dan tersebar di seluruh pelosok nusantara. Bagi masyarakat Indonesia, ayam kampung sudah bukan hal asing. Sehingga dewasa ini, selera masyarakat terhadap ayam kampung sangat tinggi. Hal itu terlihat dari pertumbuhan populasi dan permintaan ayam kampung semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons kandungan enzim Enzact terhadap ayam kampung dan membedakan ayam kampung yang menggunakan enzim Enzact 120 pada imbuhan pakannya serta mengkaji perbedaan pertumbuhan ayam kampung melalui dua perlakuan yakni ayam kampung yang menggunakan enzim Enzact 120 pada imbuhan pakannya dan ayam kampung yang tidak menggunakan enzim Enzact 120 pada imbuhan pakannya dan melalui parameter berat ayam kampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode quasi exsperimental design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian Penggunaan Enzim Enzact 120 ini menggunakan uji Independent Sample T-Test. Uji Independent Sample T-Test merupakan bagian dari statistik inferensial parametrik (uji beda atau uji perbandingan). Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Dari hasil pengujian paired sample t-test mengenai berat ayam kampung, yaitu memiliki nilai signifikan sebesar 0,032 (Perlakuan > 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata antara hasil berat ayam kampung yang terdapat di kandang A melalui perlakuan tidak menggunakan enzim Enzact dengan hasil berat ayam kampung yang terdapat di kandang B melalui perlakuan dengan menggunakan enzim Enzact. Kata kunci: Ayam kampung, Enzim Enzact 120.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Dec 2023 07:46
Last Modified: 16 Dec 2023 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67642

Actions (login required)

View Item View Item