PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS SUBANG

Suryadi, Yadi (2023) PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS SUBANG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL TESIS YADI SURYADI 218020018.pdf

Download (743kB) | Preview

Abstract

Universitas Subang adalah sebuah lembaga penyelenggara pendidikan tinggi dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai pusat pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta menghasilkan lulusan yang berilmu pengetahuan, bermoral Pancasila, dan berjiwa entrepreneurship. Dalam menjalankan kegiatannya sudah menjadi suatu keharusan Universitas Subang harus didukung oleh sumber daya manusia yaitu tenaga kependidikan yang memiliki kinerja baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin dan motivasi kerja terhadap komitmen organisasi serta implikasinya pada kinerja tenaga kependidikan Universitas Subang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampel, dan teknik pengolahan data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan gambaran secara umum tentang kondisi disiplin, motivasi kerja, komitmen organisasi, dan kinerja tenaga kependidikan Universitas Subang diinterpretasikan dalam kriteria tinggi, yaitu berada pada interval 3,41 – 4,20. Besarnya pengaruh disiplin terhadap komitmen organisasi adalah 0,353 atau 35,3%, pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen organisasi adalah 0,312 atau 31,2%, pengaruh disiplin dan motivasi kerja secara simultan terhadap komitmen organisasi adalah 0,665 atau 66,5%, sedangkan pengaruh variabel lain adalah 0,335 atau 33,5%. Besarnya pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai adalah 0,733 atau 73,3%, sedangkan pengaruh variabel lain sebesar 0,267 atau 26,7%. Kata Kunci : Disiplin, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:10
Last Modified: 15 Dec 2023 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67610

Actions (login required)

View Item View Item