PERUMUSAN PROGRAM EFEKTIFITAS MANAJEMEN PATIENT SAFETY DALAM UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PASIEN (Studi Kasus di RS TK. II Bhayangkara Sartika Asih Kota Bandung)

ALIF HAFIZH, MUHAMMAD (2023) PERUMUSAN PROGRAM EFEKTIFITAS MANAJEMEN PATIENT SAFETY DALAM UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PASIEN (Studi Kasus di RS TK. II Bhayangkara Sartika Asih Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Artikel MMRS Muhammad Alif Hafizh.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan merumuskan program untuk meningkatkan efektifitas program manajemen patient safety dalam upaya meningkatkan patient safety di RS Tk.II Bhayangkara Sartika Asih (RSBSA) Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi peristiwa dan studi pustaka. Pengumpulan data lapangan dilaksanakan pada tahun 2023 dengan narasumber Kepala Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Kepala Ruangan, Perawat dan Pasien di Ruangan Fajar RSBSA Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum manajemen patient safety di RSBSA Kota Bandung yang dilakukan sudah cukup baik. Keadaan insidensi patient safety di ruangan fajar cukup baik namun perlu evaluasi dari standar patient safety agar mencapai zero incident. Hambatan pelaksanaan manajemen patient safety diantara budaya patient safety yang belum berkembang, infrastruktur pelayanan belum terstandar, kendalam manajerial yaitu SDM kurang dan SIMRS yang belum efektif. Peningkatan efektifitas program perlu dilakukan dengan cara bedah komponen standar keselamatan pasien yang belum dijalankan oleh unit RS dan diterapkan per indikator standar sehingga dapat meningkatakan keselamatan pasien di RS Tk. II Bhayangkara Sartika Asih. Kata Kunci : Manajemen, Patient Safety, Insidensi, Efektifitas Program

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:44
Last Modified: 15 Dec 2023 02:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67609

Actions (login required)

View Item View Item