ANALISIS KONTEKS PEMAKAIAN BAHASA SUNDA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMERTAHANAN BUDAYA SUNDA (STUDI KASUS PADA SMPN 1 PONDOKSALAM DALAM PENYUSUNAN BAHAN AJAR)

Setiadi, Ahmad (2023) ANALISIS KONTEKS PEMAKAIAN BAHASA SUNDA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMERTAHANAN BUDAYA SUNDA (STUDI KASUS PADA SMPN 1 PONDOKSALAM DALAM PENYUSUNAN BAHAN AJAR). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
artikel_ahmadsetiadi_218090005.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Ahmad Setiadi MPBSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Semakin berkurangnya pemakaian bahasa Sunda serta minimnya pengetahuan tentang bahasa Sunda sehingga semakin menurunyya pemertahanan terhadap salah satu budaya Sunda. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) konteks pemakaian bahasa Sunda pada peserta didik di lingkungan SMP Negeri 1 Pondoksalam (2) konsistensi peserta didik dalam menggunakan Bahasa Sunda pada konteks “Rebo Maneuh di Sunda”, (3) dampak pemakaian Bahasa Sunda terhadap pelestraian budaya Sunda. Penelitian ini merupakan kajian analisis terhadap pemakaian bahasa Sunda melalui kebijakan Pendidikan “Rebo Maneuh di Sunda” untuk menemukan dampak dari berkurangnya pemakaian bahasa Sunda terhadap pemertahanan budaya Sunda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah pustaka dan teknik observasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pemakaian bahasa Sunda merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan budaya Sunda. Bahan ajar yang dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam mempelajari dan memahami tentang penggunaan bahasa Sunda yang benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. analisi data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. dimana tujuanya adalah untuk mengetahui secara sistematis tentang fokus penelitian. Hasil penelitian ini kemudian dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam bentuk modul.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:35
Last Modified: 09 Jan 2024 04:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67607

Actions (login required)

View Item View Item