PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI BERORIENTASI PADA STRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP AL KENZIE BANDUNG

Reskita Audina, Selfie (2023) PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI BERORIENTASI PADA STRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP AL KENZIE BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Artikel Tesis_Selfie Reskita A_MPBSI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Revisi Selfie Reskita Audina MPBSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Menulis cerita fantasi merupakan kegiatan menulis yang cukup sulit dan kompleks karena memerlukan ide yang kreatif. Pembelajaran model Concept Sentence disinyalir dapat membantu meningkatkan kemampuan berfikir kreatif karena mengajarkan siswa untuk membuat sebuah kalimat dengan beberapa kata kunci yang telah disediakan agar bisa menangkap konsep yang terkandung dalam kalimat tersebut dan membedakannya dengan kalimat-kalimat lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menulis cerita fantasi berorientasi pada struktur untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan mix methods dengan desain kuantitatif quasi experimental. Penelitian ini dilaksanakan dengan sampel sebanyak 41 orang dari siswa SMP kelas VII Al Kenzie Bandung. Analisis data paired samples t test menujukkan nilai signifikasi 0,00. Sedangkan hasil uji independent sample t test menunjukan nilai signifikansi 0,006. Hasil posttest menunjukan seluruh siswa memiliki nilai lebih dari 70 pada kelompok eksperimen dan nilai lebih dari 62 pada kelompok kontrol. Peningkatan pada nilai peserta didik yang memiliki rata-rata nilai N-Gain 20,75 serta dengan niali N-Gain terkecil 11. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengaruh model pembelajaran concept sentence yang digunakan dalam pembelajaran menulis cerita fantasi yang berorientasi pada struktur kebahasaan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, serta terdapat perbedaan dengan kelas yang tidak menggunakan model concept sentence. Disisi lain seluruh siswa mampu menulis cerita fantasi dengan gambaran proses pembelajaran yang diamati cenderung mengalami peningkatan hasil respon peserta didik. Kata kunci: model concept sentence, menulis cerita fantasi, kemampuan berfikir kreatif

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:17
Last Modified: 09 Jan 2024 04:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67603

Actions (login required)

View Item View Item