PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA JUAL BELI HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN DI ERA GLOBALISASI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN HUKUM PERTANAHAN INDONESIA

Dahri, Aden (2023) PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA JUAL BELI HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN DI ERA GLOBALISASI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN HUKUM PERTANAHAN INDONESIA. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JUDUL & COVER.docx

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
Artikel Aden Dahri.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Disertasi Aden Dahri DIH.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Untuk mengikuti pesatnya perkembangan zaman kita perlu memanfaatkan teknologi pada perkembangan hukum pertanahan Indonesia, konsep Cyber PPAT ingin memberikan bingkai hukum yaitu agar para pihak (penghadap) di hadapan PPAT tidak lagi harus bertemu secara fisik (tatap muka) di suatu tempat tertentu, yaitu dalam pembuatan Akta Jual Beli Hak Atas Tanah secara elektronik (digital). Beberapa permasalahan yang ada guna terlaksananya akta jual beli elektronik, yaitu : 1. Personality (Sumber Daya Manusia) 2. Sarana dan prasarana 3. Regulasi. Fokus pada masalah nomor 3 (tiga) yaitu Regulasi/kebijakan dimana harus dilakukan amandemen terhadap aturan yang berkaitan langsung dengan tugas dan kewenangan PPAT yaitu PP No.37 Tahun 1998 Jo PP No 24 tahun 2016 tentang Peraturan Jabatan Pembuat Akta Tanah (PPAT). Metode penelitian yang diguanakan metode yuridis normative pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah, teori, konsep dan asas hukum peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Saat ini sudah mulai dilakukan pelaksanaan akta jual beli hak atas tanah dengan memanfaatkan teknologi dengan cara pemberian data melalui Whatsapp, Video conference, E-Signature (tanda tangan elektronik), M-Banking yang hasilnya berupa file PDF. Dengan demikian pemerintah (yang berwenang) dalam hal ini bekerjasama dengan ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah dan Ikatan Notaris Indonesia serta instansi-instansi terkait lainnya untuk membuat suatu sistem bagaimana supaya mengakomodir pemanfaatan teknologi dalam perjanjian jual beli ha katas tanah dilakukan dengan digital. Kata Kunci : Pemanfaatan Teknologi, Perjanjian Jual Beli, Hak Atas Tanah, Notaris dan PPAT.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 13 Dec 2023 02:14
Last Modified: 10 Jan 2024 07:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67599

Actions (login required)

View Item View Item