Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Puisi Berorientasi Gaya Bahasa Personifikasi dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif (Studi Kasus Pembelajaran Model Problem-Based Learning Di Kelas X SMK Pasundan 2 Bandung)

Neni, Ai (2023) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Puisi Berorientasi Gaya Bahasa Personifikasi dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif (Studi Kasus Pembelajaran Model Problem-Based Learning Di Kelas X SMK Pasundan 2 Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Ai Neni_MPBSI.docx

Download (45kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Revisi Ai Neni MPBSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan peserta didik baik di kelas kontrol maupun eksperimen dalam menulis puisi berorientasi gaya bahasa personifikasi menggunakan model problem-based learning; (2) menjelaskan kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan ide dalam menulis puisi berorientasi gaya bahasa personifikasi menggunakan model problem-based learning; (3) mengukur peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model problem-based learning; (4) mengukur perbedaan kemampuan menulis teks puisi peserta didik berorientasi gaya bahasa personifikasi menggunakan model problem-based learning dengan model ekspositori. Metode yang digunakan adalah metode campuran (Mixed Method) menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2023-2024 sampelnya kelas X TKJ D sebanyak 25 dan X TKJ A sebanyak 25 peserta didik/responden. Data tersebut dianalisis dari penghitungan statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif peserta didik. Dilihat dari data hasil perhitungan bahwa nilai rata-rata berpikir kreatif di kelas eksperimen adalah 3,24% dan nilai rata-rata di kelas kontrol adalah 3,13%. Artinya kemampuan peserta didik di kelas eksperimen lebih baik jika dibandingkan dengan kemampuan peserta didik di kelas kontrol. Kata-kata kunci: Model Problem Based-Learning, Personifikasi, Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:33
Last Modified: 09 Jan 2024 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67596

Actions (login required)

View Item View Item