ANALISA IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN KESEHATAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN DI UPT PUSKESMAS PAGARSIH KOTA BANDUNG

Devi Mulyati, Irma (2023) ANALISA IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN KESEHATAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN DI UPT PUSKESMAS PAGARSIH KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
IRMA DEVI MULYATI_MM.docx

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kondisi Lingkungan Eksternal dan Internal di Puskesmas Pagarsih, mengetahui Kondisi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman (SWOT) di Puskesmas Pagarsih. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam (in depth interview) serta observasi secara langsung kondisi Puskesmas Pagarsih di Lapangan serta studi kepustakaan. Analisa yang dilakukan merupakan analisa SWOT. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa strategi yang dipilih adalah Strategi SO, dimana strategi tersebut menitikberatkan pada memanfaatkan kekuatan di dalam lingkungan internalnya sambal memanfaatkan peluang yang ada. Kemudian pada tahapan strategi pemasaran (Segmenting, Targetting, Positioning) dan pembauran pasar (Makreting Mix) dapat dilakukan tindakan seperti penambahan Melakukan penambahan tenaga medis (Dokter, Bidan, Perawat), melakukan penambahan tenaga teknis, meningkatkan kompetensi SDM yang berkelanjutan di semua lini pelayanan dan, Mengembangkan dan memperbaharui gedung dan sarana lainnya serta alat kesehatan secara berkala, moderenisasi, digitalisasi, online dan Mengembangkan pelayanan program – program unggulan. Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Analisis SWOT, IFAS, EFAS, Puskesmas

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:24
Last Modified: 12 Dec 2023 03:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67595

Actions (login required)

View Item View Item