KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BIDANG KESEJAHTERAAN DI KANTOR DESA BOJONGKUNCI KECAMATAN PAMEUNGPEUK KABUPATEN BANDUNG

Perdana, Ridwan Putra (2023) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BIDANG KESEJAHTERAAN DI KANTOR DESA BOJONGKUNCI KECAMATAN PAMEUNGPEUK KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Basaha.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_2232.jpg

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (873kB) | Preview

Abstract

Pemerintah sebagai lembaga pelayanan publik memiliki tanggung jawab penting dalam penyelenggaraan pemerintahan negara. Dalam hal pelayanan publik, fokus pada kesejahteraan masyarakat menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan pelayanan di bidang kesejahteraan, termasuk di Desa Bojongkunci Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Desa Bojongkunci telah melaksanakan program-program kesejahteraan untuk masyarakat sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas hidup mereka. Namun, tentu saja masih terdapat aspek-aspek yang perlu diperbaiki agar pelayanan tersebut dapat lebih efektif dan memberikan manfaat yang optimal. Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pada bidang kesejahteraan yang dijalankan oleh Kantor Desa Bojongkunci Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung, dan juga dalam rangka mengetahui kendala yang dihadapi Desa Bojongkunci Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung dalam menjalankan program yang dilakukan pada Bidang Kesejahteraan. Teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teori yang sangat relevan dengan permasalahan yang peneliti temukan yaitu menggunakan teori Zeithaml, Parrasuraman dan Berry dalam buku Hardiansyah (2018:73) yang dimana menyatakan kualitas pelayanan terdiri dari 5 dimensi, diantaranya tangibles (berwujud), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), emphaty (empati). Metode penelitian yang peneliti gunakan menggunakan metode desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Desa Bojongkunci Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung masih menghadapi kendala. Meskipun pelayanan publik secara umum baik, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Pertama, penampilan petugas perlu ditingkatkan untuk mencerminkan profesionalisme yang diharapkan. Kedua, terbatasnya jumlah petugas menghambat efisiensi dan kualitas pelayanan. Diperlukan penambahan sumber daya manusia yang sesuai untuk meningkatkan produktivitas dan responsivitas. Selain itu, proses penginputan data masih belum efektif, perlu upaya meningkatkan sistem agar informasi lebih akurat dan cepat diakses. Terakhir, pelayanan tepat waktu perlu ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Perlu usaha meningkatkan responsivitas dan efektivitas pelayanan agar masyarakat merasa terlayani dengan baik. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:33
Last Modified: 07 Dec 2023 02:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67550

Actions (login required)

View Item View Item